Ubah Kartu Keluarga Dikenai Biaya Rp 50.000

Written By iyoet fadhillah on Rabu, 31 Oktober 2012 | 12.53

INILAH.COM, Depok - Pemerintah Kota Depok mengenakan denda sebesar Rp50.000 untuk keterlambatan pengurusan Kartu Keluarga (KK) termasuk untuk mengubah daftar anggota keluarga di dalamnya.

Dari pantauan di Kelurahan Mekarsari Kecamatan Cimanggis Kota Depok, petugas kelurahan mengenakan denda Rp50.000 kepada warga masyarakat yang terlambat memasukkan nama anaknya ke dalam KK setelah lebih dari tiga bulan pasca-kelahiran anak.

"Ini sudah sesuai ketentuan, diatur oleh Perda secara resmi," kata Petugas Kelurahan Mekarsari, Naiman Suvarmin, Rabu.

Padahal proses pengurusan akta kelahiran di Depok memakan waktu lebih dari tiga bulan sehingga hampir bisa dipastikan semua warga Depok akan mengalami denda tersebut.

Denda administratif itu dikenakan berdasarkan Perda Kota Depok Nomor 5 Tahun 2007 tentang Denda Administratif Peristiwa Penting untuk Perubahan KK yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Depok Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Meskipun kutipan tersebut resmi,sejumlah warga Depok mengeluhkan pengutipan denda administratif itu.

"Anak saya lahir bulan Maret 2012, akta kelahiran baru jadi awal Juli 2012, bagaimana mungkin saya bisa mengurus perubahan KK sebelum tiga bulan," kata salah satu warga Depok, Agus (38).

Proses perubahan KK memerlukan persyaratan di antaranya KK lama asli, surat pengantar RT/RW, dan foto copy akta kelahiran anak.

Hal serupa dialami Budhi (28), warga Depok lain yang akhirnya memutuskan untuk menghentikan proses pembuatan KK karena terlalu berbelit-belit.

"Saya sudah habis biaya ratusan ribu rupiah untuk mengurus KK di Depok, birokrasinya terlalu berbelit, sampai membuat saya putus atas," katanya.

Sumini (49) yang telah tinggal lebih dari empat tahun di Depok memutuskan untuk tetap menggunakan KK tempat kelahirannya di Jawa Tengah lantaran tidak mampu membayar biaya pengurusan KK di Depok.

Itu belum termasuk lamanya proses pembuatan atau perubahan KK yang memakan waktu hingga berminggu-minggu.

Petugas Kelurahan Mekarsari, Naiman Suvarmin, mengatakan, untuk perubahan KK proses akan selesai dalam satu hingga dua pekan.

Ketika ditanya kapan tepatnya, Naiman memilih waktu terpanjang yakni paling cepat dua pekan.

"Kalau KK satu sampai dua minggu lah jadi. Ya, paling cepat dua minggu lah kalau KK," katanya. ANT [ito]


Anda sedang membaca artikel tentang

Ubah Kartu Keluarga Dikenai Biaya Rp 50.000

Dengan url

http://updaterbarusekali.blogspot.com/2012/10/ubah-kartu-keluarga-dikenai-biaya-rp.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ubah Kartu Keluarga Dikenai Biaya Rp 50.000

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ubah Kartu Keluarga Dikenai Biaya Rp 50.000

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger